Melestarikan Air Dimulai dari Cara Sederhana, Jadilah Bagian yang Peduli Keberlangsungan Bumi

oleh -20 Dilihat
Air merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan makhluk hidup. (Pixabay.com/Mike_68)

BOGORTERKINI.COM – Air merupakan kebutuhan dasar yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan makhluk hidup di muka bumi ini.

Air menjadi elemen dasar yang menunjang proses metabolisme tubuh manusia.

Bahkan disebutkan bahwa 70% tubuh manusia terdiri dari air.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="1"]

Kendati tiga perempatnya bumi terdiri dari air, namun akses mendapatkan air bersih masih menjadi perjuangan bagi banyak orang.

Ketika air melimpah seringkali kita menghamburkannya bahkan sampai terbuang sia-sia.

Tanpa disadari kita tidak pernah memikirkan bagaimana melestarikannya bukan?

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="3"]

Adanya Hari Air Sedunia (World Water Day) yang diperingati setiap tanggal 22 Maret bertujuan agar manusia di bumi bertindak nyata untuk mengelola dan melestarikan sumber daya air yang ada.

Banyak persoalan lingkungan yang dapat mengganggu sumber daya air.

Salah satu di antaranya pembangunan gedung dan jalan beraspal yang kian meningkat berdampak pada pengurangan penyerapan air dalam tanah yang berujung mengakibatkan banjir.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="5"]

Saat ini es di kutub mulai mencair akibat pemanasan global dan air laut kini sudah tidak bisa memberikan penghidupan layak kepada spesies yang tinggal di dalamnya.

Hal ini akibat banyak dari kita yang kerap membuang sampah sembarangan terutama sampah plastik yang memakan waktu ratusan tahun untuk bisa terurai.

Krisis air bersih terus merajalela dan terbatasnya akses air di beberapa daerah merupakan sedikit gambaran tentang krisis ekosistem dan kerentanan sumber daya air yang terjadi di Indonesia.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="7"]

Apabila kondisi ini berangsur terus-menerus maka bukan tidak mungkin air bersih akan menjadi langka di seluruh pelosok negeri.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan sebagai makhluk yang harus peduli terhadap lingkungan sekitar demi keberlangsungan generasi selanjutnya pada masa depan?

Mulailah dari hal kecil terlebih dahulu.

[related by="category" jumlah="2" mulaipos="9"]

Pertama, membuang sampah pada tempatnya dan gunakan produk yang ramah lingkungan, hindari produk yang menghasilkan sampah plastik yang sulit terurai.

Sampah plastik seringkali mengandung berbagai senyawa kimia yang bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan juga pencemaran air.

Hal tersebut bisa diatasi dengan menggunakan tumbler dan tempat makan, membawa kantong belanja sendiri, dan tidak menggunakan sedotan plastik.

Kedua, menggunakan air dengan bijak. Hentikan kebiasaan menghambur-hamburkan air, manfaatkan air sebaik mungkin salah satu caranya dengan menyiram tanaman dengan air bekas cucian beras.

Bukan hanya untuk menghemat air namun kandungan air cucian beras bermanfaat sebagai vitamin untuk tumbuhan karena air bekas cucian beras mengandung zat yang memperkaya unsur hara tanah.

Ketiga, menanam pohon. Pohon mampu membantu proses penyaringan air, dengan akar-akar yang kuat pohon mampu menyaring air menjadi lebih bersih dan mengantisipasi terjadinya banjir.

Maka, melestarikan pohon harus dilakukan demi menjaga pasokan air bersih di lingkungan tempat tinggalmu.

Keempat, berikan pemahaman yang sama pada anak-anak dan orang sekitar bagaimana cara menjaga kelestarian alam serta menjaga kelestarian air, agar semakin banyak orang yang sadar dan peka akan pentingnya masalah ini.

Hal-hal kecil, jika dilakukan secara terus-menerus dan secara masif oleh banyak pihak, akan berdampak besar.

Jadilah bagian dari orang-orang yang peduli akan keberlangsungan bumi ini salah satunya dengan cara menghemat dan melestarikan sumber daya air yang ada.

Oleh: Khonsa Khoulah, Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Ilmu Komputer (FISIPKOM), Universitas Djuanda.***

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terkini Media Network (TMN) mendukung program manajemen reputasi melalui publikasi press release, content placement, dan iklan. Untuk kerja sama, hubungi: 08531-5557788

No More Posts Available.

No more pages to load.